Sabtu, 02 Desember 2017

Pengertian Komunikasi Data Beserta Media Transmisinya

Seiring dengan Kemajuan teknologi komunikasi kini memiliki pengaruh pada perkembangan pengolahan data Pulsa Telkomsel. Data dari satu tempat bisa kirim ke tempat lain dengan alat telekomunikasi. Nah, itulah yang bakal kami bahas hari ini serta langsung saja ke materinya !

Pengertian Komunikasi Data Beserta Media Transmisinya

Komunikasi Data

Untuk mengkomunikasikan data dari satu tempat ke tempat yang lain, tiga elemen sistemwajib terdapat, yaitu sumber data (source), media transmisi (Transmission media) yang mengangkat data yang dikirim dari sumber data ke elemen ketiga yaitu penerima (receiver). Bila salahsatu elemen tak ada, maka komunikasi tak bakal bisa diperbuat.


Media Transmisi Data

Transmisi data adalah proses pengiriman data dari satu sumber ke penerim adata. Untuk bisa mengenal mengenai transmisi data lebih lengkap, maka butuh diketahui berbagai faktor yang berhubungan dengan prosesini. Faktor tersebut menyangkut :

• Media transmisi yang bisa dipakai;
• Kapasitas channel transmisi;
• Tipedarichannel transmisi;
• Kode transmisi yangdipakai;
• Modetransmisi;
• Protokol;
• Penanganan kesalahan transmisi.

Berbagai media transmisi bisa dipakai sebagai channel (jalur/ kanal) transmisi alias carrier dari data yan  dikirim bisa berupa kabel maupun radiasi elektromagnetik. Bila sumber data serta penerima jaraknya tak terlalu jauh serta dalam area yang lokal, maka bisa dipakai kabel sebagai
media transmisinya. Kabel bisa berbentuk kabel tembaga biasa yang dipakai pada telepon, coaxial cable (kabel koax) alias fiber optic (serat optik).

Kabelkoax adalah kabel yang dibungkus dengan metal yang lunak serta memiliki tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibanding dengan kabel biasa.namun lebih mahal. Sedangkan kabel serat optik dibangun dari serabut serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia. Kabel tipe ini memiliki kecepatan pengiriman data hingga 10 kali lebih besar dari kabel koax.

Bila sumber data serta penerima data jaraknya lumayan jauh, kanal komunikasi data berupa media radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melewati udara terbuka, yang bisa berupa gelombang mikro (microwave), sistem satelit (satellite system) alias sistem laser (laser system). Gelombang adalah gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasiun ke stasiun yang lain. Sifat pemancaran dari gelombang mikro adalah line-of-sight, yaitu tak boleh terkendala, umpama sebab adanya gedung-gedung yang tinggi, bukit-bukit alias gunung-gunung. Gelombang mikro biasanya dipakai untuk jarak-jarak yang dekat saja. Untuk jarak yang jauh, wajib dipakai stasiun relay yang berjarak 30 hingga 50 kilometer. Stasiun relay diperlukan sebab untuk memperkuat sinyal yang diterima dari stasiun relay sebelumnya serta meneruskannya ke stasiun relay berikutnya.

Sebab gelombang mikro tak boleh terkendala maka untuk jarak jarak yang jauh dipakai sistem satelit. Satelit bakal menerima sinyal yang dikirim dari stasiun gelombang mikro di Bumi serta mengirimkannya kembali ke stasiun bumi yang lainnya. Satelit berkegunaaan sebagai stasiun relay yang letaknya diluar angkasa.

Pengertian Komunikasi Data Beserta Media Transmisinya

Kapasitas Kanal Transmisi
Bandwidth (lebar band) menunjukkan sejumlah data yang bisa ditransmisikan untuk satu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps) alias characters per second (cps). Bandwith dengan satuannya bps alias cps menyebutkan ukuran dari kapaitas kanal transmisi, bukan ukuran kecepatan. Transmisi data dengan ukuran 1000bps tak bisa dikatakan lebih cepat dari transmisi data dengan ukuran 200 bps, namun bisa dikatakan bahwa lebih tak sedikit data yang bisa dikirimkan pada satu unit waktu tertentu (detik).

Kapasitas alias transfer rate (tingkat penyaluran) alias baud ratedari kana  tranmisi bisa digolongkan dalam narrow band channel, voice band channel, wide band channel. Narrow band channel alias subvoice grade channel adalah kanal transmisi dengan bandwidth yang rendah, berkisar dari 50-300bps. Anggaran transmisi lewat narrow band channel lebih rendah, namun anggaran rata-rata per bitnya lebih mahal dengan tingkat performa kesalahan yang besar. Jalur telegraph adalah contoh dari kanal tipe ini. Voice band channel alias voice grade channel adalah kanal transmisi yang memiliki bandwidth lebih besar dibandingkan dengan narrowband channel, yang berkisar dari 300 - 500 bps. Jalur telepon adalah contoh dari kanal tipe ini. Wide band channel alias broad band channel adalah kanal transmisi yang dipakai untuk transmisi volume data yang besar dengan bandwidth hingga 1juta bps. Dengan cara umum transmisi data dengan kanal ini sangat mahal, namun bila diperhitungkan anggaran per bitnya bakal lebih terjangkau serta kemungkinan kesalahan transmisi kecil. Jalur telepon jarak jauh memakai kanal wideband, aitu memakai media kabel koax yang ditanam di dasar alias gelombang mikro alias sistem satelit.


Tipe Kanal Transmisi
Suatu channel transmisi bisa memiliki tipe transmisi satu arah (one way tarnsmision), transmisi dua arah bergantian (either way transmision) alias transmisi dua arah serentak (both way transmission). Tipe transmisi satu arah adalah kanal transmisi yang hanya bisa mengangkat info data dalam bentuk satu arah saja, tak bisa bolak-balik. Siaran radio alias televisi adalah contoh dari transmisi dari arah, yaitu sinyal yang dikirimkan dari stasiun pemancar hanya bisa diterima oleh pesawat penangkap siaran, namun pesawat penangkap siaran tak bisa mengirimkan info balik kestasiun pemancar. Pengiriman data dari satu komputer ke komputer lain yang searah (komputer yang satu sebagai pengirim serta komputer yang lainnya sebagai penerima) adalah contoh transmisi satu arah. Tipe transmisi dua arah bergantian (two way transmission alias half duplex) adalah kanal transmisi dimana info data bisa mengalir dalam dua arah yang bergantian (satu arah dalam sebuahsaat tertentu), yaitu bila satu mengimkan, yang lain sebagai penerima serta sebaliknya, tak bisa serentak. Dengan transmisi dua arah bergantian maka bisa mengirim serta menerima data. Walkie-talkie adalah contoh dari transmisi dua arah bergantian, yaitu bisa mendengarkan alias berkata dengan cara bergantian.


Tidak lebih kebihnya itulah materi pendek mengenai Komunikasi Beserta Media Transmisi Data Pulsa 3 Three, serta semoga menjadi kegunaaan untuk sobat semuanya. Terimakasih~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar